Bapakku Terbaik

(Gambar diambil dari: https://web.facebook.com/james.bandido/media_set?set=a.10208231293917532.1073741903.1158064132&type=3)

Ini salah satu keahlian bapak di antara keahlian-keahlian lain beliau menyenangkan anak kecil.
Waktu saya masih kecil dulu... pada zaman TV masih gembung, layar hitam-putih, dan kadang 'mblerek' lalu dipukul-pukul dulu atasnya agar normal (persis di film Chibi Maruko-chan live action pas bagian nyanyi Ulala-Ulala), kalau listrik mati (yg pada masa itu cukup sering terjadi), dengan penerangan redup "damar tempel" di ruang tamu, bapak membuat bayang-bayang lucu ini sambil membuat suara-suara mirip hewan-hewan tersebut. Damar tempel berpenutup kaca dengan bagian bawah cembung sehingga bayangan tangan bisa dibikin kecil ataupun besar (bisa sebesar satu sisi tembok ruang tamu, misalnya untuk menggambarkan hewan raksasa). Biasanya disertai dongeng, jadi ada percakapan antar hewan-hewan itu, dan ada pesan moralnya.
Masih tergambar jelas bagaimana saya tertawa senang, tawa seorang anak kecil yg lugu.. lalu saya yg masih kecil dengan kedua tangan mungil berusaha keras untuk meniru bikin bayang-bayang tapi gak pernah bisa sebagus buatan bapak.
Sungguh... bahagia itu sederhana :')

Comments