Beasiswa Oh Beasiswa

Sebut saja Mbak Bunga.
Saya kenal Mbak Bunga dari saat tahun pertama kuliah di ITS.
Mbak Bunga ini pintar, aktif, berprestasi, dan kepribadiannya baik.
Biaya kuliah S2 besarnya jauh berkali-kali lipat biaya kuliah S1, sehingga mayoritas orang yg saya kenal kuliah S2 dengan beasiswa.
Di tahun terakhir kuliah, saat sedang semangat-semangatnya cari info beasiswa, saya banyak bertanya ke orang-orang yg sedang kuliah S2, termasuk Mbak Bunga ini yg saya yakin sangat layak mendapat beasiswa.
S: "Boleh tahu Mbak S2-nya beasiswa apa ya?" (niatnya setelah itu tanya-tanya lebih lanjut tentang cara dapetinnya)
B: "Aku biaya sendiri kok, Dek."
S: "Lho, Mbak kan pinter, gak mungkin gak lolos kan?" (reflek ngomong gini karena banyak yg -maaf- tidak lebih pintar dari Mbak Bunga tapi lolos)
B: "Aku emang gak daftar kok, Dek."
S: "Lho kenapa Mbak?" (bener-bener heran)
B: "Gakpapa sih.. Orang tua pengen aja ngebiayai sampe S2. Kata mereka selagi orang tua mampu membiayai kenapa enggak, gak ada salahnya juga ngasi kesempatan buat yg lain yg lebih butuh."
Jlebb....
Campur aduk rasanya antara kagum, terharu, dan sedih. Percakapan tersebut di awal tahun 2014, masih kuingat detil dan lokasinya. Mudah-mudahan masih ingat hingga kelak dan menjadi orang tua yg mampu yg berpemikiran seperti orang tua Mbak Bunga.
Betul juga.. bukankah membiayai pendidikan anak bisa jadi ladang amal jariyah buat orang tua? Kalau memang kondisi orang tua gak mampu sih ya gimana lagi.... Tapi kalau mampu.. buat apa kesempatan yg sangat berharga itu malah dilewatkan begitu saja cuma karena budaya mental "kalo bisa gratis kenapa enggak" 
(Kuliah dengan beasiswa itu memang alhamdulillah banget dan layak disyukuri, tapi sesungguhnya.... sediiih... bukan sesuatu yg wah dan bisa enak-enakan seperti kelihatannya. Ada hutang budi. Ada beban mental dan moral. Ada pertanyaaan pada diri sendiri, bisa mengabdi dan berkontribusi apa nantinya).

Comments