Sempeng atau Simping (Gresik Punya)

Gambar diambil dari google gambar dengan kata kunci "sempeng rebus"

Namanya sempeng (atau simping). Hewan air, sepertinya masih sodaraan dengan kerang. Cangkangnya keras transparan/bening.
Sama seperti kerang, cangkangnya dapat dibuat untuk kerajinan misalnya lampu hias.

Cara mengonsumsinya hanya direbus ataupun diolah menjadi kripik dan semacamnya. Bagi yang malas tangannya bau amis dan ribet membuka cangkangnya, mungkin lebih menyukai yang sudah jadi kripik siap makan. Tapi jauuuh tidak akan selezat yang hanya direbus (malah konon katanya ada yang tanpa direbus hanya disiram air mendidih entah bener atau gak). Proses membuka cangkangnya juga mengandung kenikmatan tersendiri. Setelah direbus/dipanaskan, sebagian sempeng sudah sedikit terbuka cangkangnya jadi tinggal ditarik, tapi banyak juga yang masih menutup. Untuk yang masih menutup, ada yang membukanya dengan cara dipukul-pukul pakai tangan, ada yang dibanting (saya waktu kecil wkwkwk), tapi sebenernya ditekan sambil digeser aja bisa. Sempeng rebus rasanya gurih sedap tak terkatakan, haha.

Bisa dimakan tanpa nasi (digado), bisa dengan nasi atau didahului makan nasi untuk meminimalisasi risiko sakit perut setelahnya (ini teori saya sendiri sih haha), bisa juga dimakan sambil kumpul/nongkrong beramai-ramai. Anak-anak muda biasanya iuran beli sempeng satu bak lalu dimakan bersama, atau ada yang traktiran membelikan lalu dimakan bersama. Biasanya mereka menyebutnya "pesta sempeng". Jadi ada unsur kebersamaan dalam lezatnya sempeng.

Di Gresik, ada sebuah daerah yang terkenal sebagai "pusat" sempeng, yaitu Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas.

Entah apakah ada nama ilmiah yang spesifik untuk hewan yang satu ini, atau dijadikan satu dengan kerang dan sejenisnya (monggo kawan-kawan yang tahu silakan menambahi). Saya tidak tahu sempeng ini hidup di sungai, atau laut, atau diternakkan di tambak? Dan mengapa sejauh ini hanya nemu di Gresik. Apakah di daerah kawan-kawan juga ada "sodaranya kerang" yang satu ini? Jika ada, disebut apakah (namanya) di sana?

Edisi kangen sempeng. 

Comments

  1. Mba, mba dari gresik ya? Saya suka sekali tulisan mba. Saya juga asli gresik daerah cerme. Sempeng makan favorit saya waktu sma. Salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Irsalina.. iya saya orang Gresik, tepatnya Kebomas. Salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir ke blog saya.. ^_^

      Delete

Post a Comment