Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat/STNK (Cara/Prosedur Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan)

Alhamdulillah, hari ini lancar ngurus pajak 5 tahunan (ganti plat nomor/ganti STNK) motor. Sebelumnya sudah tanya beberapa orang yang pernah ngurus pajak 5 tahunan ini. Selain itu, aku juga cari-cari referensi di internet, cukup membantu meski tidak sama persis (karena artikel di internet adanya kota-kota lain, gak nemu yang Gresik). That's why I'm writing this article, which may be able to help others in getting information. Semoga bermanfaat ya kawan :)
Gambar 1: Informasi jam buka pendafaran pelayanan di SAMSAT Gresik.

Oke langsung saja yuk aku ceritakan Cara Mengurus Pajak 5 Tahunan (Ganti Plat Nomor/Ganti STNK). Kebetulan aku ngurusnya di Gresik, sesuai KTP. Jadi, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman ngurus di SAMSAT Gresik. Untuk yang berada di daerah lain, bisa dijadikan referensi jika tidak menemukan artikel yang spesifik daerah kawan-kawan. Mungkin kurang lebih sama saja persyaratannya.

SATU
Aku berangkat pukul 09.10, mampir ke tempat fotokopi dekat rumah, kemudian betul-betul berangkat pukul 09.15. Dokumen yang harus dibawa antara lain:
a) BPKB
b) STNK
c) KTP
Selain dokumen asli, aku juga bawa fotokopiannya masing-masing 3 (tiga). Sebenarnya di SAMSAT ada koperasi, bisa fotokopi di sana. Tapi aku bawa aja dengan pertimbangan mungkin bisa lebih efisien waktu karena gak perlu antri di tempat fotokopi. Oh ya jangan lupa bawa pulpen dan juga bawa kendaraan yang diurus pajaknya ya :D

DUA
Tiba di sana, awalnya aku taro motor di tempat parkir, lalu nanya petugas yang seliweran, harus ke mana dulu. Ternyata gak perlu parkir, langsung aja naro motor ke bagian cek fisik kendaraan yang ada di belakang gedung. Jadi dari pintu masuk luruuuus aja ke belakang lalu belok kiri. Taro aja motor di sela-sela tempat yang ada di situ, kuncinya jangan ditinggal di motor ya karena akan ditinggal ke loket-loket. Oh ya sedari tadi kalau nanya aku nyebutnya mau "ngurus pajak 5 tahunan". Tapi orang-orang (termasuk petugas di sini) dengan singkat menyebutnya "ganti plat". Beda istilah, intinya sama saja. Mungkin biar pendek wkwkw.
Gambar 2: Informasi mekanisme dan persyaratan pengurusan surat-surat kendaraan bermotor di SAMSAT Gresik. 


TIGA
Setelah nanya ke petugas loket, ternyata tetap harus ke koperasi (tempat fotokopi) yang ada di belakang, untuk beli map seharga Rp 2.000,-. Nah bagi yang belum bawa fotokopian dokumen, bisa fotokopi di sini.

EMPAT
Letakkan map berisi BPKB, STNK, dan KTP asli maupun 3 rangkap fotokopiannya ke loket cek fisik. Kemungkinan loket ini untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen. Langsung taro aja ke depan petugas yang ada di loket fisik, nanti akan diambil petugasnya. Lokasi ada di gambar berikut:
Gambar 3: Loket Cek Fisik Kendaraan

LIMA
Duduk di sekitar loket cek fisik, nunggu dipanggil. Lalu petugas akan manggil dari loket sebelahnya loket pengambilan TNKB. Setelah dipanggil dikasi map berisi berkas yang tadi. Lokasi lebih jelasnya bagian yang dilingkari pada gambar berikut:
Gambar 4: Dipanggil untuk dapat formulir cek fisik.

ENAM
Selain dokumen asli dan fotokopian yang tadi, di dalam map juga ada formulir cek fisik dan lembar gesek nomor rangka dan nomor mesin. Di sini kita bisa duduk di kursi yang ada mejanya, biar lebih enak ngisi formulirnya.
Gambar 5: Tempat mengisi formulir cek fisik.

Gambar 6. Formulir cek fisik kendaraan yang harus diisi.

TUJUH
Setelah mengisi formulir, langsung aja menuju motor dan minta petugas cek fisik yang ada di sekitar situ. Petugas akan minta lembar gesek untuk menggesek nomor rangka dan nomor mesin, juga minta dibukakan jok motor karena salah satu dari nomor tersebut ada di bawah jok. Setelah selesai, lembar gesek akan dikembalikan ke kita sambil ngomong, "Geseknya seikhlasnya, Mbak", yasudahlah kasi aja Rp 5.000,- meski di loket cek fisik ada tulisannya tanpa dipungut biaya. Ini penampakan lembar geseknya:
Gamber 7: Lembar gesek nomor rangka dan nomor mesin (tanpa stempel).

DELAPAN
Selanjutnya, balik lagi ke loket cek fisik yang ada di Gambar 3. Map dan seluruh berkas termasuk lembar gesek taro di situ. Lalu nunggu dipanggil.

SEMBILAN
Setelah dipanggil, ambil map di loket Gambar 4. Selain berkas-berkas tadi, kali ini di dalam map ada Formulir Permohonan STNK untuk diisi. Lembar geseknya sudah distempel.
Gambar 8: Formulir permohonan STNK.

SEPULUH
Masuk ke gedung lewat pintu depan lalu letakkan map berisi berkas-berkas termasuk formulir permohonan STNK yang telah diisi ke LOKET I. Kemudian duduk aja, nunggu dipanggil. 
Gambar 9: Tampilan di dalam gedung kantor SAMSAT Gresik.

Gambar 10. LOKET I tempat pendaftaran (naro map berisi berkas-berkas).

SEBELAS
Setelah nunggu agak lama, akhirnya dipanggil juga ke petugas di sebelah kirinya LOKET II. Di sini dikasi BPKB asli dan selembar kertas lalu disuruh ke LOKET II. Di LOKET II serahin selembar kertas tersebut dan bayar pajak tahunan. BPKB simpan aja. Pembayaran di sini adalah pajak tahunan, jadi tergantung jenis motor. Kebetulan yang aku bayar Rp 197.000,-.
Gambar 11: LOKET II tempat pembayaran.

DUA BELAS
Usai bayar pajak tahunan, dapat bukti pembayaran pajak (yang selama ini aku anggap STNK tahunan, yang berwarna dasar oranye-kemerahan, ternyata itu sebutannya bukti pembayaran pajak ya hehehe). Setelah itu geser ke petugas sebelah kanannya untuk membayar biaya ganti plat. Untuk motor biayanya adalah Rp 80.000,-. Lokasi lebih jelasnya bagian yang dilingkari pada gambar berikut:
Gambar 12: Tempat bayar biaya ganti plat.

TIGA BELAS
Setelah bayar biaya ganti plat, bukti pembayaran pajak distempel semacam tanda lunas biaya ganti plat. Selanjutnya geser ke sebelah kanannya lagi untuk ngambil papan plat (masih kosongan). Di sini petugasnya menjelaskan kalau STNK belum jadi, baru bisa diambil 3 bulan lagi. Jika di jalan kena pemeriksaan, ditunjukin aja bukti pembayaran pajak tidak masalah. Setelah dapat papan plat, dibawa ke belakang ke loket pengambilan TNKB untuk diisikan nomor platnya.
Gambar 13: Loket pengambilan TNKB.

EMPAT BELAS
Setelah dapat plat nomor, balik ke koperasi untuk fotokopi bukti pembayaran pajak sebanyak 2 lembar dan dapat plastik pembungkus STNK. Bayarnya Rp 1.500,-.

LIMA BELAS
Masuk lagi ke gedung lewat pintu depan ke bagian ujung depan (dekat pintu masuk), sebelah kirinya LOKET I. Di sini ngurus proses yang namanya "TULIS BPKB" dengan nyerahin BPKB asli dan 2 lembar fotokopian bukti pembayaran pajak (yang tadi difotokopi). Di lembar yang pertama kita diminta nulis nomor HP, sedangkan lembar yang satunya distempel sebagai TANDA TERIMA PENGAMBILAN BPKB untuk kita bawa pulang, digunakan saat ambil BPKB dua minggu lagi.
Gambar 14: Lokasi mengurus TULIS BPKB

Gambar 15: Tanda terima untuk dipakai saat ambil BPKB nantinya.

ENAM BELAS
Selesai. Waktu menunjukkan pukul 10.45. Total ngurus ganti plat ini tidak sampai 2 jam, hanya sekitar 90 menit. Jadi untuk kawan-kawan yang bekerja, masih bisa lah ya izin bentar buat ngurus, kan lebih keren tanpa calo :D
Total biaya yang dikeluarkan untuk mengurus ganti plat ini di luar biaya kecil-kecil (map, fotokopi, dll) adalah Rp 80.000 + pajak tahunan sesuai jenis motor.

Ngomong-ngomong, sebenernya motor belum habis masanya sih, masih November nanti. Tapi karena Novermber belum tentu aku ada di Gresik, jadi yaa mendingan lebih awal kan daripada terlambat. Untungnya, ternyata masa berlaku plat yang baru dihitung dari November 2016 (batas habisnya plat lama), bukan dihitung dari tanggal hari ini (tanggal ngurus). Jadi.... gak masalah kok ngurus lebih awal, gak rugi pajak, hahaha.

Oh ya kawan, sebagai informasi tambahan, ngurus sesuatu di SAMSAT ini tidak masalah jika Anda adalah ibu menyusui yang bawa anak, karena di bagian depan dekat pintu masuk ada ruangan untuk menyusui.
Gambar 16: Ruang menyusui.

TUJUH BELAS
Terakhir (tambahan). Masih sama seperti 5 tahun lalu, plat nomor yang dikasi bahannya tipiiiis, rawan kesenggol dikit penyok. Jadilah pulangnya mampir dulu ke kios permak plat pinggir jalan untuk ngurus papan plat agar lebih tebal dan kokoh (pengalaman dulu plat asli penyok melulu bahkan pernah copot di jalan sampe hilang wkwk).

RM Gresik. Jumat, 15 Juli 2016

Comments

  1. Mantap, infonya sangat bermanfaat dan jelas, thanks mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum... Bismillahirahmanirrahim... senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sementara kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan Mbah Saroh hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com semua petunjuk mbah saroh saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya uang gaib 5m yang saya pesan benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih Mbah Saroh saya tidak akan melupakan jasa mbah. yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com atau KLIK DISINI anda juga dapat menghubungi beliau melalui telepon, sms atau whatsApp: 0853 9774 5894

      Delete
  2. terimakasih infonya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. kalau untuk ganti plat yang beda pemilik atau balik nama apa biayanya sama

    ReplyDelete
  4. Trus anda akan balik lagi 2 minggu ambil bpkb, dan balik lg 3bulan kmudian ambil stnk,begitu kah mbak??

    ReplyDelete
  5. Oh ya mksih infox.. mbk.. tapi ko gak dijelasin.. ambil bpkb dan stnk ? Yang 2 minggu ma 3 bulan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak.. ambilnya lancar-lancar aja Kok, tinggal bawa lembar pengambilannya. Gak pakai antri lama.

      Delete
  6. Klo bawa foto copy BPKB doank..ga bawa yg aslinya bisa ga ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa Kak.. karena kan ada lembar di BPKB asli yg akan diperbarui (karena ganti nomor platnya).

      Delete
  7. klo sepeda bekas .. apa ttp pke ktp kita ? ato ktp yg tertera di nm stnk pmlik motor sblumny ?

    ReplyDelete
  8. klo sepeda bekas .. apa ttp pke ktp kita ? ato ktp yg tertera di nm stnk pmlik motor sblumny ?

    ReplyDelete
  9. Mkasih infonya
    Sangat dan sangat berguna bagi pemula yg akan mengurus pajak bermotor 5 tahunan������

    ReplyDelete
  10. Maaf ktp gresik dinas kerja di cilegon banten, mobi plat W gresik bayar pajak tahunan sudah berhasil di atm BNI Cilegon bukti transfer ada kode bayar samsat gresik ada, nota bayar kami diminta konfirmasi dengan samsat setempat (gresik) untuk cetak stnk. terima kasih, sugeng w Greenhill di celigon

    ReplyDelete
  11. Lanjutan Sugeng Greenhill==> mohon penjelasan cetak STNK tahunan dengan bukti bayar apakah bisa ya

    ReplyDelete
  12. makasih pak. sangat bermanfaat informasinya

    ReplyDelete
  13. Kalo ktp luar kota apa bisa ngurus dgresik?

    ReplyDelete
  14. Mau bayar pajak 5 tahun setasa dipersulit planyanan persyaratan perpanjangan 5 tahunan di kota cilegon sangat aneh.bkan menghargai warganya yg membayar pajak tepat pada waktunya malah ada lgi persyaratan harus hadir orangnya yg tertera di stnk atau membuat surat kuasa. Gmna kl myornya dpet beli sekond pemiliknya awal tidak ada pasti dipalsa untuk balik a .kya murah saja biaya balik nama .aneh bner mkin kesini bkannya smakin mempermudah mlahan
    tambah ruwet.

    ReplyDelete

Post a Comment