Ubuntu 10.04



Ubuntu 10.04 merupakan versi yang cukup baru dari distro Linux Ubuntu. Versi dengan code name Lucid Lynx ini merupakan versi LTS (Long Time Service) sampai 3 tahun untuk versi dekstop dan 5 tahun untuk versi servernya. Lucyd Lynx dirilis pada 29 April 2010. Code name 'Lucid Lynx' ini sendiri diambildari nama lain binatang yaitu kucing hutan liar.

Fitur yang terbaru dalam versi ini jika dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya antara lain:
- GNOME Ver. 2.30.0
- Linux kernel 2.6.32
- Driver baru untuk pengguna nVidia
- Proses bootnya lebih capat. Yakin deh! :D
- Program untuk jejaring sosial lebih handal dengan Gwibber.
- Desktop telah diperindah dengan penambahan dua themes baru, Suasana dan Radiance. Wallpaper baru dan icon baru juga disertakan.
- New Indicators
Area notifikasi sekarang dengan fitur yang baru membuat pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan desain yang cantik, manajemen sesi, dan tugas lainnya.
- Ubuntu One File Syncing
Bisa sync folder home langsung ke ubuntu one.
- Ubuntu One Music Store
Jutaan lagu yang tersedia untuk membeli dari desktop Ubuntu Anda, terintegrasi dengan Rhythmbox Music Player dan menggunakan Ubuntu One untuk sync dan backup dengan mudah.
- New features for Ubuntu Enterprise Cloud (UEC)
Ubuntu Installer Enterprise Cloud telah jauh lebih baik dalam rangka mendukung topologi instalasi alternatif. komponen UEC sekarang secara otomatis menemukan dan terdaftar, termasuk untuk topologi yang kompleks. Akhirnya, UEC sekarang didukung oleh Eucalyptus 1.6.2 basis kode

Kalo dari pengalaman saya sendiri setelah menginstall Ubuntu 10.04 di Acer Aspire 4520, versi Ubuntu kali ini bener-bener lebih handal. Sayangnya, beberapa fitur tidak secara langsung ada, melainkan harus diinstall dulu seperti Gimp dan lain-lain.

Comments