Psikotes

29 Juni 2008

Sedihnya pisah sama teman-teman. Hari ini ada psikotes di sekolahku yang baru. Sepi rasanya.. Gak bersama Purple. Teman-teman seSMP lumayan banyak sih.. Psikotes ini katanya beda sama tes IQ, tapi menurutku kok sama saja. Denger-denger, dari hasil tes ini akan diambil siswa-siswi yang akan masuk kelas akselerasi. Apakah itu? Dari kata “acceleration” yang artinya percepatan. Menurut sebuah sumber, akselerasi adalah program pelayanan khusus bagi siswa yang berbakat dan unggul di mana siswa itu dapat menyelesaikan pendidikan lebih cepat, SMA jadi dua tahun.
Dari kelas dua SMP aku udah denger tentang program ini. Dulu tak pikir smansa sudah ada program ini dari dulu, ternyata tidak. Di Gresik belum ada. Di Jawa Timur yang ada akselerasinya Surabaya, Malang, dan Sidoarjo (mungkin ada lagi, aku gak tau). Dan tahun ini, pertama kalinya di smansa sekaligus untuk pertama kalinya ada di Gresik, waw! Pasti sangar. .

Dulu aku membayangkan diriku bisa sehebat itu lulus dengan cepat. Tapi sayangnya, untuk dapat menjadi siswa akselerasi, syarat utama IQ minimal 130, hahaha aku ngakak. Terlalu jauh, dari tes IQ dulu waktu kelas satu SMP cuma 112. Katanya IQ jarang naik, adanya turun, kan seiring bertambahnya usia kecerdasan menurun. Entahlah, ku ikuti tes yang gak bisa dipelajari sebelumnya ini dengan semaksiman mungkin. Nothing impossible.

Comments