JAPANESE LEVEL II (Materi V: Letak dan Satuan Hitung)

Tiba di materi ke-5 level 2, tentang letak (posisi) dan satuan hitung.
Semoga bermanfaat.
Belajar Bahasa Jepang mudah dan menyenangkan :D *sugesti


(Semua post materi belajar Bahasa Jepang di blog atau note FB saya boleh dikutip, share, repost, copas, dsbgnya yang intinya disebarluaskan, tentunya dengan menyebutkan sumbernya).

# Letak (Posisi) #
Depan = mae.
Belakang = ushiro.
Atas = ue.
Bawah = shita.
Samping = tonari.
Luar = soto.
Kanan = migi.
Kiri = hidari.


Bentuk = ---benda--- no ---letak--- ni
Untuk bertanya = ---benda/orang--- wa doko ni  arimasuka/imasuka?
(jangan lupa bahwa arimasu dipakai untuk benda mati, sedangkan imasu untuk benda hidup)
Contoh-contoh:
Teburu no ue ni saifu ga arimasu = di atas meja ada dompet.
Kasa wa doko ni arimasuka? Kasa wa hon dana no migi ni arimasu. = payung ada di mana? Payung ada di sebelah kanan rak buku.
Yamapi-san wa doko ni imasuka? = Yamashita-san wa kutsu ya no mae ni imasu. = Yamapi ada di mana? Yamapi ada di depan toko sepatu.
Watashi no kokoro no naka ni anata ga imasu = (silakan diartikan sendiri, ini gombalan kelas ABG belasan tahun, haha)


# Satuan Hitung #
Satuan hitung dalam Bahasa Jepang agak kompleks, karena tergantung jenis bendanya. Yuk kita bahas satu-persatu:

1.  Benda yang ada hubungannya dengan mesin atau yang menggunakan listrik.
Contoh: jam, tape recorder, HP, mobil, sepeda, TV, radio, kipas angin, dll
Bentuk: ---dai   (ichidai, nidai, sandai, yondai, godai, rokudai, nanadai, hachidai, kyuudai, juudai)
Bertanya: nan dai ---
Contoh kalimat: watashi no uchi ni tokei ga 4dai  arimasu. = di rumah saya ada 4 jam dinding.

2.  Lembar
Contoh: kertas, kain, CD, piring (sara), kaus, uang, amplop, perangko (kitte).
Bentuk: ---mai   (ichimai, nimai, sanmai, yonmai, gomai, rokumai, nanamai, hachimai, kyuumai, juumai)
Bertanya: nan mai ---
Contoh kalimat: 100en no kitte o 9mai kaimasu. Zenbu de 900en desu. = beli perangko 100 yen 9 lembar. Total (harga)nya 900yen.

3.  Orang
Bentuk:
Sendiri / 1 orang = hitori
2 orang = futari
3 orang = sannin
4 orang = yonin
5 orang = gonin
dan seterusnya: angka + nin.
Bertanya: nan nin ---
Contoh kalimat: watashi no kazoku ga 5nin imasu. = keluarga saya ada (terdiri dari) 5 orang.

4.  Batang/tangkai
Contoh: pulpen, pensil, rokok, batangan kayu, bunga.
Bentuk:
1, 6, 8, 10, 100 = ippon, roppon, happon, juppon/jippon, hyappon.
2, 4, 5, 7, 9 = nihon, yonhon, gohon, nanahon, kyuuhon.
3 = sanbon  (dibaca ‘sambong’)
Untuk bilangan di atas 10, tergantung angka satuannya.
Bertanya: nan bon ---   (dibaca ‘nambong’)
Contoh kalimat: (ketika di toko alat tulis) enpitsu 2hon kudasai = (saya mau beli) pensil 2 (batang).

5.  Ekor (untuk semua binatang selain unggas)
Bentuk:
1, 6, 8, 10, 100 = ippiki, roppiki, happiki, juppiki/jippiki, hyappiki.
2, 4, 5, 7, 9 = nihiki, yonhiki, gohiki, nanahiki, kyuuhiki.
3 = sanbiki  (dibaca ‘sambiki’)
Untuk bilangan di atas 10, tergantung angka satuannya.
Bertanya: nan biki ---   (dibaca ‘nambiki’)
Contoh kalimat: ototo no suizokukan no naka ni sakana ga 4hiki imasu = di dalam akuarium adik (laki-laki) saya ada 4 ekor ikan.

6.  Ekor (untuk unggas)
Bentuk: ---wa   (ichiwa, niwa, sanba, yonwa, gowa, rokuwa, nanawa, hachiwa, kyuuwa, juuwa)
Bertanya: nan wa ---

7.  Buku (dianggap ‘jilid’)
Bentuk: ---satsu   (issatsu, nisatsu, sansatsu, yonsatsu, gosatsu, rokusatsu, nanasatsu, hassatsu, kyuusatsu, jussatsu/jissatsu)
Bertanya: nan satsu ---
Contoh kalimat: watashiwa hon o 5satsu motteimasu. = saya (sedang) membawa 5 (jilid) buku.

8.  Pasang (kauskaki, sepatu, sendal)
Bentuk: ---soku   (issoku, nisoku, sanzoku, yonsoku, gosoku, rokusoku, nanasoku, hassoku, kyuusoku, jussoku/jissoku)
Bertanya: nan soku ---
Contoh kalimat: ashita no ryokou ni kutsu o 2soku motte kudasai = (pada waktu) berwisata besok bawalah 2 (pasang) sepatu.

9.  Satuan hitung bebas (untuk benda-benda selain termasuk kategori yang telah disebutkan)
Bentuk:
1 = hitotsu
2 = futatsu
3 = mittsu
4 = yottsu
5 = itsutsu
6 = muttsu
7 = nanatsu
8 = yattsu
9 = kokonotsu
10 = too
(masih ingat bentuk tanggal? tsuitachi, futsuka, mikka, yokka, itsuka, muika, dst. Ini mirip kan)
Untuk bilangan di atas 10 menggunakan bentuk bilangan biasa.
Bertanya: ikutsu ---
Contoh kalimat: Koko ni mikan ga too arimasu = di sini ada 10 jeruk.

Contoh-contoh tambahan:
-  Soko ni hito ga nan nin imasuka? = di sana ada berapa orang?
-  Shatsu ga nanmai arimasuka? = ada berapa (lembar) kaus?
-  Potongan-potongan kue hitungannya tetep pake satuan hitung bebas: Honda-san wa ke-ki o itsutsu tabemashita. = Honda sudah makan 5 potong kue.
-  Contoh kalo di warung mau pesen: ramen o futatsu kudasai = tolong ramen 2 (porsi) ya!
-  Ryouko no toki, shashin o nan mai gurai torimasuka? = ketika berwisata, (kamu) mengambil gambar (memotret) kira-kira berapa foto?
-  Jitensha wa hachi dai arimasu. = Ada 8 sepeda.

Kalo mau nyebutin banyak benda dan mau mengatakan “dan lain-lain” bentuknya:
---benda1--- ya ---benda2--- ya ---benda3--- nado ga arimasu.
Contoh: watashi no heya ni beddo ya hondana ya isu nado ga arimasu. = di kamar saya ada tempat tidur, rak buku, kursi, dan lain-lain.

Partikel antara kata kerja dengan obyeknya umumnya pakai “o”, tapi kenapa kadang-kadang ada yang pake “ga”?  jawabnya adalaaaah..... “ga” dipake untuk hal-hal yang alami, terjadi dengan sendirinya, bukan sengaja mengerjakan sesuatu. Ini contoh-contohnya:
Ame ga furimasu = turun hujan.
Kaze ga fukimasu = angin bertiup.
--- ga arimasu/imasu = ada ....
--- ga suki = menyukai ...
--- ga jouzu = mahir ...
--- ga dekimasu = bisa/mampu ...
--- ga wakarimasu = paham ...

# Kosa Kata dan Contoh Tambahan #
Hon dana = rak buku.
Tana = rak (semua rak selain buku).
Mezamashidokei = jam weker.
Kutsushita = kaus kaki.
Saifu = dompet.
E = gambar.
Haizara = asbak.
Surippa = sendal (slipper)
Makura = bantal.
Sutoubu = alat pemanas.
Suizokukan = akuarium.
Bin = botoru = botol (tapi ini sebagai benda saja. tidak digunakan di satuan hitung).
Reizouko = kulkas.
Geshuku = kos, kontrakan.
Kozui = banjir.
Nakimasu = menangis.
Modorimasu = kembali/mundur.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selama ini materi Bahasa Jepang level I yang saya post selalu diakhiri dengan cara membaca romaji agar pembaca tidak mengalami kekeliruan ketika mengucapkan kata-kata Bahasa Jepang. Mulai level II, diasumsikan pembaca sudah ngerti cara baca romaji :D
Bagi yang belum ngerti karena baru bacanya materi ini, tak perlu segan untuk mampir di materi-materi level I, bisa cek di note FB saya atau di sini:
http://www.arklamasik.blogspot.com/search/label/Japanese%20%5BBahasa%20Jepang%5D

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Comments