Keterangan Sehat Bebas Narkoba (Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba di Kota Tangerang)

Ceritanya, hari ini lagi beresin berkas-berkas yang ada di HD eksternal biar rapi, terus nemu draf setahun lalu yang aku lupa belum di-post. Aku ngurus surat keterangan ini Juli 2015. Jadi ini post lampau banget yak lebih dari setahun lalu. Tapi kan sayang udah bikin draf 90%, tinggal dikit aja masa dibuang, hehe. Insya Allah masih cukup relevan, palingan biayanya yang naik, haha.

Oke langsung saja gan,
Surat keterangan sehat? Sudah biasa dan sering. Minta di puskesmas juga bisa tinggal bayar Rp 5 - 10 ribu. Tapi kali ini aku ngurus buat salah satu syarat pendaftaran beasiswa, yang bunyi persyaratannya:
"Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah".

Waktu itu posisi sedang kerja di Tangerang, jadi tulisan ini tentang Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba di Tangerang, tepatnya di RSUD Kota Tangerang karena itu rumah sakit pemerintah yang paling dekat.

Hari itu aku sudah izin ke atasan buat gak masuk (ganti dengan hari lain Sabtu atau Minggu). Paginya masih ada perlu ke Depok buat ngambil hasil tes ITP, berangkat setengah tujuh pagi, dengan asumsi di sana baru buka dan aku cuma ngambil lalu langsung balik ke Tangerang, harus tiba di RSUD sebelum jam 11. Seingatku di Gresik dan Surabaya beberapa puskesmas atau rumah sakit loket pendaftarannya tutup jam 11.

Perhitungan waktu kurang tepat. Ternyata KRL saat balik menuju Tangerang tidak secepat waktu berangkat. Tiba di Stasiun Tanah Tinggi (sebelum Stasiun Tangerang) pukul 10.55 WIB. Gak akan bisa nyampe RSUD sebelum jam 11, tapi gak ada salahnya tetap coba. Sengaja milih turun di Stasiun Tanah Tinggi ketimbang Stasiun Tangerang untuk efisiensi waktu menuju RSUD. Dari Tanah Tinggi (Jalan Benteng Betawi) jalan kaki dikit ke perempatan arah ke TangCity. Di perempatan naik taksi ke RSUD Kota Tangerang (belum pernah ke sana, gaktau rute angkotnya, ditambah tempatnya masuk ke dalam / bukan di jalan raya jadi mungkin gak ada angkot, dan butuh cepattt). Eh nasib, Bapak Sopirnya gaktau RSUD di mana (entah gaktau beneran atau bukan, sudah jadi perbincangan umum lah ya kayak gimana biasanya oknum sopir taksi, oh ya waktu itu ojek online masih jarang ada / belum populer), yasudah aku percaya google map aja.

Alhamdulillah gak sesat, tiba di RSUD beneran yang tempatnya memang masuk ke dalam, tidak seperti RSUD pada umumnya yang kelihatan dari jalan raya. Tempatnya di Tangerang bagian kota, 1 koma 4 kilometer dari TangCity Mall menurut google map.

Pukul 11.10 nyampe RSUD. Bergegas ke arah satpam untuk ambil nomer antrian. Ditanya askes atau BPJS atau apa? Sambil ngos-ngosan masih mikir dulu, “Eh? oh enggak” | “Umum?” | “iya,”. Ternyata nomor antriannya beda dengan yang askes/BPJS. Walaupun ada banyak orang di kursi untuk ngantri, ternyata sebagai pasien umum, aku cuma nunggu 1 orang aja. Ternyata di manapun dan siapapun presidennya (nah lho kok bawa-bawa presiden wkwk), masih dibedakan ya pasien umum dapat pelayanan ekslusif, hmm..

Setelah nomor antrianku dipanggil, sebagai pasien baru disuruh nyerahin KTP dan ngisi formulir. Sempet bingung dan nanya tentang bagian data Penanggung Jawab karena aku gak ada keluarga di Tangerang, ternyata gak perlu diisi. Setelah nyerahin formulir, dapat lembaran dan disuruh ke kasir untuk bayar.

Gambar 1. Kertas yang dibawa ke kasir. Kertasnya sama seperti struk ATM dalam hal ukuran dan cepat hilang tulisannya.

KTP dapat diambil di kasir setelah bayar. Oh jadi begitu sistemnya, KTP ditahan dulu sampe lunas, dan harus bayar lunas dulu sebelum penanganan. Hmm.. wajar sih namanya juga pasien umum (tapi seingetku dulu di RSUD Dr. Sutomo Surabaya pernah jadi pasien umum bayarnya di akhir setelah kelar semua). Di sini gak pake cetak kartu anggota rumah sakit, jadi lebih simpel (dulu sempet mikir ini dompet kok penuh banget sih, bukan penuh uang tapi penuh dengan kartu anggota Puskesmas A, Puskesmas B, Rumah Sakit X, Rumah Sakit Y, dsb).

Lanjut ke cerita, aku ke kasir dan bayar dengan rincian:
Pemeriksaan umum Rp 25 rb
Suket sehat Rp 25 rb
Tes narkoba Rp 172 rb.
TOTAL Rp 222 rb.
*yaaah buat ngurus beasiswa dan semacamnya memang harus bondo alias modal (dan itu masih ndaftar doang, belum tentu lolos), makanya jangan ragu kalau habis lulus nyari kerja dulu meski pengen kuliah, asal jangan luntur aja semangat kuliahnya :D

Gambar 2. Bukti pembayaran dari kasir.

Setelah dari kasir disuruh ke lab. Sepi jadi aku gak pakai ngantri. Nyerahin lembaran dari kasir, lalu dipanggil sama orang labnya, mas-mas gitu. Dikasi wadah kecil sambil masnya nunjuk kamar mandi,
“Silakan buang air kecil di situ lalu ditaro sini”.
Bodohnya reflek aku bilang, “Oh bukan pake darah ya?”
Hahaha... harap maklum aku memang agak gapiks (gagap ilmu kesehatan) wkwkw. Tadinya aku sudah deg-degan mikir aduh nanti ditusuk dan disedot darahnya, aaaah serem... eh ternyata pake urin. Di dalam kamar mandi mikir lagi, masa habis ini nyodorin wadah berisi urin ke mas-mas sih, aduh malu dong, kenapa bukan mbak-mbak sih. Tapi gakpapa, masnya pasti sudah terbiasa emang kerjaannya. Tapi tetep malu, apalagi masih hangat gini, hahaha. Eh untungnya ternyata cuma disuruh naro di sebelah wastafel. Alhamdulillah gak jadi malu. Haha.


Setelah dari lab ke lantai 4 untuk cek kesehatan umum. Di sini tanpa antri juga, dokternya baik dan ramah. Waktu aku tanya kok sepi, beliau bilang karena habis lebaran, pasien tidak sebanyak biasanya. Di sana timbang badan, ukur tinggi badan, dan cek tensi darah lalu ditanya-tanya ngurus buat apa dan sebagainya. Semua selesai pukul 11.55 WIB (cepet yak gak sampai sejam), tapi hasil baru bisa diambil jam 1. Langsung saja menuju kantin, kelaparan belum sarapan.

Jam 1 naik lagi ke atas ngambil hasil dan memang sudah jadi. Alhamdulillah cepet sehari aja sudah kelar, jadi gak perlu izin-izin gak masuk lagi.
Ada 3 lembar yang didapat:
1. Surat keterangan sehat
2. Surat keterangan bebas narkoba
3. Hasil lab pengujian urin yang menunjukkan bebas narkoba

Demikian.

Comments

  1. halo mbak mau tanya, jadi untuk urus surat keshatan dengan bebas narkoba ini tidak perlu pualgn dulu di tempat domisili ya. Mohon konfirmasi hehe. Terima kasih posting ini sangat bermanfaat, kebetulan lagi mau urus surat bebas narkoba dengan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru baca komennya Kak. Ini maksudnya tidak perlu kembali ke daerah asal? Betul Kak, bisa dilakukan di mana saja, cukup membawa KTP saja dan uang tentunya ^_^

      Delete
  2. Halo mbak. Mau tanya kalau hari biasa tapi tgl merah ada pelayanan buat skbn ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin buat test semen baturaja ya mba? Saya juga blm bikin mau cb besok ksana

      Delete
  3. Itu RSUD kota Tangerang y bukan kabupaten tangeTang

    ReplyDelete

Post a Comment