Taman Keindahan by: Kahlil Gibran

Judul Buku : Taman Keindahan
Karya : Kahlil Gibran
Penerbit : Fajar Pustaka Baru

"Keindahanlah yang memikat jiwamu. Cinta dipersembahkan padanya. Ketika engkau bersua dengan keindahan, engkau akan merasa bahwa tangan-tangan terulur ke kedalaman jiwamu dan merasukkannya ke ufuk jiwamu. Itulah keindahan yang engkau enyam sewaktu tangan yang terulur itu mulai keluar dari kedalaman jiwamu. Dialah ikatan yang menghubungkan kebahagiaan dan kesedihan. Dialah mukjizat yang dapat engkau lihat. Dialah Kesamaran yang dapat engkau pahami. Dialah Kemayaan yang dapat engkau simak. Dialah Kesucian di antara kesucian lainnya yang bersumber dari dalam dirimu dan bermuara di pucuk khayalan duniawi yang paling jauh."

"Hidup adalah sebuah pulau. Karangnya adalah harapan. Pepohonannya adalah mimpi, bunga-bunganya adalah kesepian dan mata airnya adalah semangat. Ia berdiam seorang diri di tengah keterasingan lautan."

"Saat kegelapan malam mulai hadir menggantikan cahaya terang, hati menjelaskan rahasia mereka padamu. Dan saat fajar merekah, mata mengatupkan sentuhan kelembutanmu. Sadarkah kau apa yang dirasakan hati dan yang dilihat mata?"

"Oh Kehidupan seluruh Pendengar, apakah kau dengar?"

Comments