Bahasa Inggrisnya "Institut Teknologi Sepuluh Nopember"


Sudah terpikir ini sejak awal masuk ITS, dan baru sempat alias gak males menuliskannya setahun kemudian (saat ini).

Awal menjadi bagian dari ITS, di profil orang-orang di FB kebanyakan menuliskan "Tenth of November Institute of Technology". Ribet amat, komentar saya dalam hati. Tidak seperti PT lain yg simpel apalagi yg cuma "blablabla university".

Lha pada saat IPITS, di gugus tempat saya berada (gugus I di teater B) dijelaskan bahwa kepanjangan ITS menggunakan ejaan lama yaitu "Nopember". Dalam Bahasa Indonesia sesuai EYD yg benar "November". Tapi berhubung "Sepuluh Nopember" adalah nama, maka tidak diubah. Saya pikir, berarti tidak perlu diInggriskan kan? Seperti halnya sebuah nama, tidak ada Bahasa Inggrisnya. Sempat bertanya pada beberapa teman dan kakak kelas yg berada di ITS, tidak ada jawaban mutlak, semua hanya pendapat masing-masing. Dan saya sendiri menuliskan "Sepuluh Nopember Institute of Technology". Seorang teman bernama Del saat itu sependapat dgn saya, tapi herannya sampai sekarang di profilnya tertulis "Tenth of November . . ."

Saya mendapatkan jawaban secara tidak sengaja pada 2 April 2011 di acara NAMS (National Achievement and Motivation Seminar). Saat itu pembicaranya peraih juara II mapresnas 2009 (lupa nama beliau), ada sesi peserta seminar yg mau maju berbicara dalam Bahasa Inggris dipersilakan.

Comments